Tips Memilih Plafon Rumah Modern yang Menarik dan Minimalis

Pada dasarnya, plafon rumah modern ini sangat digandrungi oleh masyarakat. Mengingat fungsi plafon yang digunakan sebagai penutup atas. Plafon ini juga disebut sebagai langit-langit rumah yang juga dijadikan sebagai interior rumah agar tampak indah. Mengingat plafon rumah ini cukup penting, Anda juga tidak bisa sembarangan dalam memilih dan padupadannya. Untuk itu, simak tips dalam pemilihan model dan jenis plafon rumah secara tepat untuk menambah nilai estetik rumah Anda.

Plafon PVC Modern Minimalis Cantik Warna Coklat dengan Furnish

1. Memilih Plafon Bahan Gypsum

Tips memilih plafon rumah modern yang pertama adalah dengan menggunakan bahan gypsum sebagai dasar pembuatan plafon. Jenis bahan ini bisa Anda padukan dengan atap yang terbuat dari bahan pelat beton. Menggunakan plafon berbahan gypsum ini bisa mencegah kebocoran dan sangat kuat. Biasanya, untuk ukuran bahan ini sekitar 122×144 cm.

Sementara untuk rangka dari plafon rumah dari gipsum ini, gunakan besi hollow yang dipasangkan dengan menggunakan rivet. Untuk menyatukan antara sambungan gipsum dengan ornamen, bisa gunakan compound. Anda juga bisa menambahkan hiasan plafon rumah yang menarik dan sesuai keinginan. Beberapa hiasan yang dipasangkan bisa dengan mengukir gipsum, menambahkan lampu-lampu yang unik, atau pun hiasan lainnya sesuai keinginan Anda.

2. Menggunakan Plafon Berbahan Tripleks atau Anyaman Bambu

Selain membuat plafon rumah modern dengan menggunakan bahan gipsum, Anda juga bisa membuat plafon dengan tripleks. Tripleks ini merupakan sebuah papan tipis yang mempunyai lapisan. Dalam pemasangannya, dipadukan dengan menggunakan kerangka-kerangka kayu kaso. Biasanya ukuran kayu tersebut sekitar 5×7 cm atau 4×6 cm.

Bagi sebagian orang, menganggap plafon rumah berbahan kayu ini adalah gaya konvensional. Sering ditemukan di rumah-rumah masyarakat tradisional pada umumnya. Meskipun begitu, tripleks ini pun bisa digunakan sebagai bahan plafon rumah. Untuk ukuran tripleks, sebaiknya gunakanlah yang mempunyai ketebalan minimal 3 sampai 4 milimeter. Atau, jika ingin yang lebih koko bisa menggunakan tripleks dengan ketebalan 6 milimeter.

READ  Jenis Plafon Rumah Yang Umum Digunakan

Selain menggunakan bahan tripleks, Anda juga bisa gunakan plafon rumah modern Anda dengan menggunakan bahan anyaman dari bambu. Memang, bagi sebagian orang terkesan tradisional dan klasik. Namun ternyata, saat ini pun banyak yang menyukainya dan dianggap lebih modern. Apalagi dipadukan dengan gaya mewah dan elegan.

3. Gunakan Plafon Kayu

Selain menggunakan bahan plafon rumah modern dari gipsum dan tripleks, Anda juga bisa menggunakan plafon rumah dari kayu. Plafon ini memang bisa memberikan kesan keasrian dan keteduhan pada rumah Anda. sangat cocok sekali digunakan untuk desain rumah artistik dan futuristik. Dari dulu, plafon jenis ini sering digunakan oleh masyarakat.

Meskipun begitu, plafon kayu pun sering digunakan sebagai plafon rumah modern. Bahkan plafon kayu ini pun sering kali dianggap menambah nilai estetis rumah dan menjadikannya sangat unik. Untuk bahan kayu yang bisa Anda gunakan pun beragam. Bisa kayu agathis, bengkirai, momala, keruing, atau bahkan merbau.

Anda bisa memasangkan plafonnya secara horizontal pada atap Anda. Hal ini bisa memunculkan kesan yang lebih luas pada ruangan Anda. Anda pun bisa menambahkan ornamen-ornamen atau hiasan di atap Anda. Atau, bisa juga dipadukan dengan lampu-lampu dengan nuansa warna kuning agar lebih nyentrik.

4. Gunakan Plafon dari GRC

Jenis bahan plafon rumah modern yang satu ini, sangat cocok sekali untuk Anda gunakan jika ingin atap rumah tahan lama. Pasalnya, GRC atau Glassfiber Reinforced Cement ini diklaim bisa tahan hingga 25 tahun lamanya. Dengan begitu, selama 25 tahun Anda tidak perlu khawatir rumah Anda akan mengalami kerusakan atap atau atap bocor.

GRC ini merupakan perpaduan atau kombinasi bahan semen dan serat. Meskipun mirip beton, namun teksturnya lebih ringan dan memiliki penguat yang tidak lain adalah glassfiber tersebut. Keunikan dari bahan ini adalah bahannya yang mudah dibentuk sehingga cocok sekali digunakan sebagai bahan plafon rumah yang ingin dibentuk khusus. Baik berypa lengkungan, lembaran, tambahan bentuk-bentuk bungan, dan sebagainya.

READ  Plafon Rumah Kayu Jati

5. Menggunakan Plafon Bahan Asbes

Pada dasarnya, bahan untuk membuat plafon rumah modern sangatlah banyak. Selain beberapa yang sudah dibahas sebelumnya, Anda pun bisa menggunakan asbes sebagai bahan plafon atap rumah Anda. Asbes ini merupakan bahan yang sering kali disebut sebagai eternit. Bentuknya sangat tipis namun tahan akan benturan. Biasanya, bentuknya lebih besar, namun Anda bisa memotongnya sesuai ukuran.

Bahan Asbes ini sering digunakan pada rumah-rumah yang memang bergaya modern. Apalagi disematkan pada plafon untuk rumah minimalis modern dan elegan. Hal ini dikarenakan dasar bahannya dan juga kemudahan dalam mengaplikasannya sehingga lebih fleksibel.

6. Padukan Dengan Warna yang Tepat

Tips selanjutnya yang bisa Anda aplikasikan pada pembuatan plafon  rumah adalah dengan memerhatikan paduan warna yang sesuai.  Pada dasarnya, pewarnaan ini pun bisa menampilkan kesan-kesan berbeda pada rumah Anda. misalnya saja plafon berwarna merah, biasanya akan menampilkan kesan ilusi yang tinggi sehingga rumah terkesan lebih lega dan lebar.

Sementara itu, jika Anda membuat rumah minimalis dan modern, maka bisa menerapkan plafon rumah modern yang berwarna hijau muda. Hal ini bisa memberikan kesan lebih segar pada ruangan Anda. cocok sekali untuk menambah kesan elegan dan natural pada ruangan. Agar lebih menarik, bisa padukan dengan keramik bercorak Meksiko  sehingga kesan minimalis-modernnya lebih terasa.

Warna-warna lain yang bisa disematkan pun sangat banyak. Seperti putih yang menampilkan kesan santai namun stylish, biru laut agar menambah kesan menenangkan, atau pun berwaran abu-abu yang glossy agar menambah kesan mewah.

7. Perhatikan Desain Plafon

Desain Plafon PVC Minimalis Modern yang sering digunakan
Desain Plafon PVC Minimalis Modern yang sering digunakan

Sebelumnya, sudah dibahas mengenai jenis bahan plafon yang bisa Anda gunakan untuk membuat plafon rumah modern beserta pemilihan warna. Selanjutnya, Anda pun harus memerhatikan bagaimana penggunaan desain plafon rumah Anda. desain ini pun sangat menentukan kesan yang nantinya akan ditampilkan, meskipun demikian, desainnya pun bisa disesuaikan dengan keinginan.

READ  Tips Menggunakan Plafon PVC Pada Interior Rumah

Namun untuk referensi, Anda bisa menggunakan desain dengan ukiran daun yang akan menambah kesan mewah dan futuristik pada bagian permukaannya. Cocok diterapkan pada penggunaan plafon rumah berbahan GRC. Lengkapi juga pencahayaan yang terang di setiap sela-sela ukirannya.

8.  Atur Ketinggian Plafon

Tips selanjutnya adalah dengan mengatur ketinggian plafon rumah modern Anda. sebetulnya, ketinggian plafon itu bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. namun, terlepas dari itu, Anda pun harus memerhatikan hal-hal yang memengaruhinya guna menyelaraskan dengan interiornya. Beberapa hal yang cukup berpengaruh ini seperti  lokasi, pencahayaan, hingga bentuk rumah.

9. Gunakan Lampu Cerah

Atap Plafon Minimalis Modern dengan PVC Cantik Kayu
Atap Plafon Minimalis Modern dengan PVC Cantik Kayu

Selain memerhatikan ketinggian plafon, dalam pemasangan plafon rumah, perhatikan juga penggunaan lampunya. Misalnya saja ketika Anda menggunakan plafon rumah kayu minimalis, agar terkesan modern dan mewah, gunakan lampu berwarna terang dan cerah. Untuk menampilkan keterangan dan kecerahan ini, bisa dipadukan dengan warna putih yang akan memberi kesan luas. Bisa juga dengan lampu berkesan lighting atau warna kuning, terlebih pada ruang-ruang penting  agar lebih nyaman dan istimewa.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan dalam memilih dan menentukan plafon rumah modern yang tepat. Selain bisa menghasilkan kesan modern yang elegan, juga bisa menambah kenyamanan Anda sebagai penghuninya.

Incoming search terms:

contoh plafon minimalis klasik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *