Baca Dulu Sebelum Memasang Plafon Rumah GRC!

Salah satu bahan yang dapat Anda gunakan untuk langit-langit atau plafon rumah sederhana tp elegan adalah GRC (glassfiber reinforced cement). Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, plafon GRC dibuat dari campuran antara semen dan serat.

Sekilas, plafon rumah GRC punya bahan dasar yang serupa dengan beton. Hanya saja, bobot material yang satu ini lebih ringan, dengan serat glass fiber yang berfungsi sebagai penguat (seperti fungsi tulang baja di dalam beton). Sering kali, plafon GRC disebut juga dengan plafon gypsum, namun keduanya sebenarnya adalah dua jenis yang berbeda.

Plafon GRC Cocok untuk Ruang Basah di Rumah

Karena sifat bahan GRC, material ini pun unggul salah satunya karena sifatnya yang tahan air. Dengan demikian, maka Anda bisa pasang plafon rumah GRC untuk ruangan yang basah atau punya risiko kelembaban tinggi. Misalnya dapur atau kamar mandi. Selain itu, ruangan semi-outdoor atau teras pun bisa memanfaatkan keunggulan plafon GRC yang satu ini.

Plafon Model Minimalis Model Grid dari Bahan GRC untuk Ruang Keluarga
Plafon Model Minimalis Model Grid dari Bahan GRC untuk Ruang Keluarga

Fleksibel, Tidak Kaku

Karakteristik lainnya dari plafon GRC adalah sifatnya yang fleksibel alias tidak kaku, berbeda dengan plafon triplek atau kayu. Dengan demikian, penggunaan plafon jenis yang satu ini pun bisa Anda manfaatkan jika Anda menginginkan desain langit-langit yang jauh dari kata biasa, alias tidak sekadar mendatar seperti tipe plafon datar konvensional.

Proses Pengerjaan Atap Plafon Garasi Mobil dengan Bahan GRC
Proses Pengerjaan Atap Plafon Garasi Mobil dengan Bahan GRC

Praktis, Mudah Dipasang

Meskipun fleksibel, plafon GRC punya permukaan rata yang akan membantu menghemat proses pengerjaan dan pemasangan langit-langit. Sebab, permukaannya tak perlu lagi diratakan, sehingga bisa langsung dicat jika Anda menginginkan desain langit-langit dengan warna tertentu. Selain itu, bobot per lembar plafon GRC juga termasuk dalam kategori ringan, yaitu sekitar 18 kg saja per meter persegi.

READ  Plafon Rumah Kayu Jati
Desain Atap Plafon Minimalis Modern dengan GRC Ceiling Model Baki
Desain Atap Plafon Minimalis Modern dengan GRC Ceiling Model Baki

Untuk pemasangan yang lebih mudah dan praktis, Anda pun bisa pilih plafon GRC yang sudah dipotong dalam bentuk lembaran papan. Untuk jenis yang satu ini, ada bagian yang lebih tipis di tepi-tepianya untuk kemudahan proses penyambungan plafon. Dengan begitu, biaya pemasangan pun bisa dihemat lebih jauh lagi karena penggunaan compound untuk sambungan yang lebih sedikit.

Lebih Tahan Lama

Apakah Anda menginginkan varian plafon yang tahan lama, sehingga bisa digunakan selama bertahun-tahun? Kalau iya, plafon GRC adalah salah satu opsi yang wajib Anda pertimbangkan. Bahkan, industri sudah membuktikan bahwa rata-rata plafon GRC yang dijual di pasaran mampu bertahan sampai 25 tahun! Selain tahan lama, bahkan jauh mengungguli plafon gypsum, plafon GRC juga mudah untuk dirawat dan dibersihkan, termasuk ketika terkena noda sekalipun.

Harga Ekonomis

Tentunya, harga juga jadi faktor pertimbangan utama sebelum Anda membuat keputusan. Dan dengan plafon GRC, Anda bisa merasakan keuntungan lainnya, yaitu harga yang relatif ekonomis, terutama jika Anda mempertimbangkan daya tahan, kekuatan, dan umur ekonomis plafon rumah GRC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *