Ide Plafon Rumah Sederhana dari Triplek, Kelebihan, dan Kekurangannya

Selain berfungsi sebagai pembatas antara ruangan dengan atap, plafon pun memainkan peran penting dalam menyempurnakan desain dekorasi ruangan tersebut. Karena itulah tentunya tidak mengherankan jika desain plafon dibuat secantik dan semenarik mungkin, tanpa harus melupakan fungsi utamanya. Meski demikian, desain plafon tak perlu terlalu rumit, kelewat mewah, atau mahal agar tampilannya menarik. Sebab, sudah ada banyak desain plafon rumah sederhana tp elegan yang membuktikan bahwa kesederhanaan pun tetap bisa mempertahankan unsur estetikanya.

Nah, berbicara soal plafon rumah, tentu tak lepas dari materialnya. Di pasaran, ada beragam jenis material yang dapat Anda temukan dan gunakan untuk hunian Anda. Mulai dari yang termurah sampai termahal, rasanya tak ada pilihan yang tak dapat Anda temukan. Dan salah satunya adalah plafon triplek.

Jenis material yang satu ini sudah lama digunakan untuk plafon rumah sejak orang-orang belum mengenal plafon gypsum. Bahkan, sampai sekarang pun masih banyak yang menggunakan plafon triplek karena berbagai alasan, termasuk faktor biaya. Walaupun plafon triplek relatif jauh lebih murah dibandingkan jenis lainnya, bukan berarti hasilnya nampak murahan, lho! Sebab, triplek pun memiliki banyak varian yang diklasifikasikan berdasarkan ketebalannya.

Pilih Ketebalan Triplek yang Pas

Sebagai salah satu material yang banyak dimanfaatkan untuk pembuatan berbagai produk atau barang, triplek memiliki beragam ketebalan. Untuk plafon rumah sederhana dari triplek, sangat dianjurkan bagi Anda untuk memilih triplek yang tebalnya 6 mm. Sebab, penggunaan triplek yang lebih tipis untuk plafon bisa menyebabkan permukaan yang nampak bergelombang, sehingga jelas tidak akan menarik untuk dipandang. Selain itu, pertimbangan lainnya adalah perbedaan kualitas triplek saat ini dengan triplek pada tahun-tahun sebelumnya yang beredar di pasaran. Dengan begitu, lebih tebal triplek yang digunakan pun lebih baik.

READ  Macam Atap Plafon Rumah Jawa dan Sejarahnya

Keunggulan Plafon Triplek untuk Rumah Anda

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, harga plafon triplek sangatlah terjangkau jika dibandingkan dengan jenis plafon lain yang beredar di pasaran. Karena itu, tak heran banyak pemilik rumah yang masih memilih desain plafon rumah sederhana dari triplek. Baik itu untuk membangun rumah baru atau merenovasi rumah maupun ruangan yang sudah ada, penggunaan plafon triplek jelas akan membantu menghemat biaya pembangunan atau renovasi secara keseluruhan.

Atap Plafon Minimalis Model Baki dari GRC untuk Ruang Tengah Rumah
Atap Plafon Minimalis Model Baki dari GRC untuk Ruang Tengah Rumah

Selain soal harga, plafon triplek pun sangat ringan. Hal ini masih ditambah dengan proses pemasangan yang begitu mudahnya, sehingga Anda pun tidak akan membutuhkan banyak pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan pemasangan plafon tersebut. Hal tersebut pun berarti biaya yang semakin terjangkau, serta durasi proses pengerjaan yang sangat singkat.

Kekurangan Plafon Triplek

Akan tetapi, plafon rumah sederhana dari triplek pun memiliki beberapa kekurangan yang patut Anda perhatikan sebelum memutuskan apakah material yang satu ini memang cocok untuk Anda pilih dan mampu memenuhi kebutuhan Anda. Seperti material bangunan kebanyakan, harga mencerminkan kualitas. Dan dengan mempertimbangkan harga plafon triplek yang begitu terjangkau, sayangnya material ini kurang dari segi kualitas. Material yang kurang awet dibandingkan jenis plafon lain bisa jadi mengharuskan Anda untuk keluar biaya ekstra untuk perbaikan di kemudian hari.

Incoming search terms:

bahan plafon rumah, model plafon dari triplek, model plafon tripleks, plafon minimalis sederhana, Plafon sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *