Desain Inspirasi Plafon Rumah Triplek Minimalis

Sebagai material plafon yang sudah jauh lebih lama beredar di pasaran, triplek masih menjadi pilihan favorit para pemilik rumah karena harga yang ekonomis dan bobotnya yang ringan. Dengan demikian, proses pemasangan plafon pun bukan hanya hemat secara biaya, tapi juga hemat waktu dan tenaga. Bahkan, terlepas dari harganya yang terjangkau, triplek tetap bisa menjadi pilihan untuk desain plafon rumah sederhana tp elegan tanpa harus menguras kantong.

Pilihan Tipe Plafon Rumah Triplek

Seperti yang barangkali sudah Anda ketahui dengan baik, ada beragam tipe plafon yang biasa dipasang di rumah. Bahkan, desainnya bisa dikatakan berkembang dari waktu ke waktu, mengingat para desainer interior dan arsitek yang semakin kreatif para era saat ini. Dan hanya karena Anda memilih plafon rumah triplek, bukan berarti Anda tidak bisa membuat ruangan makin menarik dan indah. Berikut ini adalah beberapa tipe plafon yang bisa Anda pilih dengan memanfaatkan triplek sebagai pilihan utama. Meski demikian, harap diingat bahwa dalam proses pemasangan plafon triplek, Anda akan tetap membutuhkan kayu untuk rangkanya.

1.    Plafon tipe baki.

Jenis tipe plafon yang satu ini juga sering disebut dengan nama tray ceiling, yang punya bagian tengah yang didesain seolah-olah tersembunyi atau dibuat terangkat. Bagian yang lebih tinggi itu bisa berbentuk segi empat atau lebih (poligon), sesuai dengan konsep ruangan tempat plafon tersebut dipasang. Desain ini ideal untuk ruangan yang didesain dengan sentuhan modern dan minimalis. Anda bisa memanfaatkan tipe plafon yang satu ini untuk ruangan yang punya atap relatif rendah di dalam hunian Anda.

Atap Plafon Minimalis Model Baki dari GRC untuk Ruang Tengah Rumah
Atap Plafon Minimalis Model Baki dari GRC untuk Ruang Tengah Rumah

2.    Plafon datar konvensional.

Tipe yang satu ini barangkali merupakan pilihan yang paling umum dipasang bukan hanya di rumah, tapi bangunan lainnya, seperti kantor. Pemasangannya dilakukan dengan memanfaatkan lembaran plafon dipasang mendatar di bawah rangka atap bangunan. Kesederhanaan desainnya membuat tipe plafon yang satu ini pun jadi opsi populer bagi Anda yang memilih untuk memasang plafon rumah triplek.

READ  Desain Plafon PVC Minimalis Modern yang sering digunakan
Proses Pengerjaan Atap Plafon Minimalis dari GRC
Proses Pengerjaan Atap Plafon Minimalis dari GRC

Tipe plafon yang satu ini pun ideal dipasang di ruangan dengan atap rendah karena desainnya yang sederhana dan tidak menuntut beragam ornamen atau hiasan. Selain itu, tipe plafon datar ini juga cocok bagi Anda yang ingin menghemat biaya pemasangan plafon atau Anda yang punya anggaran terbatas karena proses pemasangan yang sederhana, cepat, dan mudah.

Tips Menjaga Keawetan Plafon Triplek

Meskipun terjangkau dan tidak membutuhkan waktu lama atau biaya besar untuk pemasangan, plafon rumah triplek punya beberapa kelemahan. Salah satunya adalah sifatnya yang tidak tahan lama, terutama setelah kehadiran gypsum. Karena itu, pemasangan plafon triplek pun perlu dilakukan dengan mempertimbangkan faktor kelembaban udara. Sebab, ruangan yang kelembabannya tinggi bisa menyebabkan plafon triplek mengalami kerusakan lebih cepat. Untuk mengatasinya, Anda bisa buat sirkulasi udara yang baik di dalam ruangan, misalnya dengan pemasangan ventilasi atau jendela, untuk mencegah agar ruangan tempat plafon triplek tersebut terpasang tidak mudah lembab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *