Tinggi Plafon Ideal Rumah Minimalis

Rumah merupakan tempat terpenting bagi manusia untuk dapat bertahan hidup. Memiliki rumah yang bagus dan nyaman adalah impian semua orang. Maka dari itu rumah rumah harus dibuat dengan perencanaan yang matang untuk dapat menghasilkan rumah yang nyaman dan bagus.

Untuk kali ini kita akan membahas mengenai tinggi plafon ideal rumah minimalis agar rumah lebih terlihat indah dan juga memaksimalkan kelarasan. Plafon ialah pembatas antara bagian atap dengan ruangan bawahnya ataupun lantai yang memiliki fungsi agar dapat meredam suara dan juga untuk memudahkan pemasangan aliran listrik.

Rangka Atap Plafon Minimalis - Proses Instalasi Listrik Atap Plafon Rumah
Rangka Atap Plafon Minimalis – Proses Instalasi Listrik Atap Plafon Rumah

Untuk tinggi plafon ideal rumah minimalis adalah 4 sampai dengan 7 meter namun itu juga dapat disesuaikan dengan selera anda. Namun ada beberapa faktor yang dapat menentukan tingginya plafon rumah yang ideal :

  • Faktor yang berdasarkan fungsi

Untuk pemasangan instalasi yang berada dibagian bawah atap , seperti pemasangan kabel maupun lampu maka ketinggian dari plafon harus disesuaikan dengan barang-barang yang ditingkatkan. Untuk dekorasi maka ketinggian dari plafon sangat tergantung dengan desain ruangan yang ada agar terlihat lebih indah.

  • Faktor berdasarkan luas ruangan

Tinggi plafon yang ideal dapat diukur dengan berdasarkan ukurang ruangan dan menggunakan rumus ( panjang + lebar ) / 2. Semakin besar sebuah ruangan maka semakin tinggi pula plafonnya. Plafon sebaiknya harus lebih besar daripada lebar sebuah ruangan. Untuk  Plafon rumah minimalis ruang tamu yang dibuat sesuai dengan lebar dan tingginya agar menghasilkan ruangan yang nyaman.

Plafon Minimalis Mewah Model Kubah di Tengah
Plafon Minimalis Mewah Model Kubah di Tengah
  • Faktor bersadarkan iklim

Iklim merupakan sebuah pertimbangan dalam menentukan tinggi plafon yang ideal. Untuk daerah yang cuacanya tropis maupun panas maka sebaiknya menggunakan plafon yang tinggi. Dan ini diperlukan untuk dapat memperlancar udara agar tidak lembab. Dengan begitu akan memberikan suasana yang sejuk dengan menurunkan suhu  ruangan. Untuk rumah yang memiliki iklim dingin menggunakan plafon yang hanya 240-250 cm ini untuk negara Eropa dan Jepang.

  • Faktor berdasarkan estetika
READ  Tips Menggunakan Plafon PVC Pada Interior Rumah

Jika membuat plafon berdasarkan estetika maka akan menghasilkan kepuasan dan keindahan. Plafon dibuat dengan proposional.

Itulah pembahasan untuk kali ini mengenai Tinggi Plafon Ideal Rumah Minimalis maka sekarang anda dapat menentukan tinggi plafon yang ideal untuk rumah anda. Dan yang perlu anda perhatikan adalah jangan memakai plafon yang tinggi pada ruangan yang sempit. Karena nanti akan membuat debu menumpuk di bagian langit-langit karena sulit untuk anda bersihkan. Udara juga akan terasa panas karena sulit mencari jalan keluar. Maka dari itu sangat penting untuk anda memperhatikan jarak antara plafon dengan bagian lantai ruangan. Buatlah rumah hunian anda senyaman dan sebagus mungkin karena waktu anda banyak dihabiskan di rumah. Sekian dulu ya untuk hari ini dan terima kasih.

Incoming search terms:

cara pemasangan listrik di plafon, rangka plafon bertingkat, rangka plafon gypsum minimalis, tinggi plafon rumah hanya 240 cm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *