Mengenal Plafon Dan 7 Jenis Bahan Pembuatnya

Banyaknya foto plafon rumah di internet tentu menarik perhatian. apalagi bagi mereka yang hendak membangun rumah dan ingin memberikan tampilan terbaik pada bagian plafon rumah yang dimilikinya. Memang tidak banyak orang yang mengetahui mengenai plafon, apalagi mereka yang sama sekali tidak bergelut dalam bidang pembangunan dan belum memiliki rumah atau hunian pribadi. Karena itulah bagi anda yang belum mengetahui mengenai apa itu plafon, serta beragam jenis bahan yang dimilikinya, maka ada baiknya untuk membaca uraian penjelasan berikut ini :

Apa itu plafon?

Plafon rumah adalah bagian dari rumah yang digunakan untuk menutupi bagian atas ruangan. Bagian yang satu ini juga sering disebut sebagai langit-langit. Untuk penggunaannya sendiri, plafon yang anda gunakan tentunya tidak harus selalu sama dengan jenis plafon rumah lainnya, hal ini dikarenakan setiap plafon yang digunakan itu sendiri cukup beragam. Bahkan bahan pembuat yang dimilikinya pun berbeda antara satu dengan lainnya. Karena itulah bagi anda yang ingin menjadikan tampilan langit-langit rumah dengan nuansa yang berbeda, maka sebaiknya anda pilih plafon dengan bahan yang berbeda pula. Lebih dari itu, jika dilihat dari fungsi yang dimilikinya plafon juga digunakan sebagai alat untuk mengatur suhu dalam ruangan. Dengan kata lain, agar ruangan tersebut tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin. Untuk pengaturan suhu tersebut umumnya dilakukan dengan mengatur tingkat ketinggiaan plafon yang dipasang.

Berbicara mengenai beragam jenis bahan plafon yang cukup beragam, berikut ini adalah beberapa jenis plafon yang seringkali digunakan oleh masyarakat Indonesia, diantaranya :

1. Plafon gypsum

Plafon rumah gypsum termasuk dalam jenis plafon yang banyak diminati masyarakat Indonesia, mengapa demikian? Hal ini berkaitan dengan cara pemasangannya yang dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, untuk sambungan yang dimilikinya pun dapat ditutupi dengan lebih sempurna, sehingga tidak terlihat sebagai bagian yang disambung antara satu dengan lainnya. Plafon gypsum juga dikenal dengan beberapa pilihan list yang tentunya dapat menjadikan anda lebih kreatif dalam memilih motif atap sesuai dengan selera. Sedangkan pemasangannya, plafon ini seringkali dibantu dengan penggunaan rangka kayu atau bahkan furing.

READ  Tips Menggunakan Plafon PVC Pada Interior Rumah

2. Plafon triplek

Plafon rumah triplek dikenal sebagai salah satu jenis plafon yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini berkaitan dengan penggunaan triplek itu sendiri yang pada dasarnya tidak hanya digunakan sebagai bahan pembuatan plafon saja, tetapi juga banyak digunakan untuk bahan pembangunan lainnya. Sementara itu, untuk plafon yang terbuat dari bahan triplek lebih banyak dipilih masyarakat karena memang untuk pemasangannya dapat dilakukan dengan mudah. Triplek juga dikenal sebagai bahan yang mudah untuk ditemukan dan didapatkan, bahkan harga yang ditawarkan dari bahan triplek itu sendiri relative lebih murah, utamanya jika dibandingkan dengan jenis plafon dari bahan lainnya, Karena itulah bagi anda yang memiliki dana minim, maka sebaiknya anda pilih jenis plafon rumah yang satu ini.

3. Plafon GRC

Glassfiber Reinforced Cement Board atau lebih dikenal sebagai GRC ini juga dapat anda manfaatkan dalam pembuatan plafon rumah. Bahan yang satu ini dikenal memiliki karakter yang sama dengan bahan eternit, namun jika dilihat dari ukuran yang dimilikinya tentu saja plafon rumah grc memiliki ukuran yang jauh lebih besar atau sekitar 120 x 240 cm. Jenis plafon ini juga dikenal dengan kelebihannnya yang tahan pada api serta air. Sedangkan untuk proses pemasangannya memang cukup sulit untuk dilakukan. hal ini dikarenakan bahan tersebut tidak tahan apabila terkena benturan. Karena itulah meskipun proses pemasangannya dilakukan dengan sangat hati-hati sekali pun tetap saja selalu ada retak rambut yang muncul di sela-sela sambungan yang dimilikinya. Untuk itu, bagi anda yang hendak menggunakan plafon rumah dengan bahan GRC, maka pastikanlah untuk meminta bantuan tenaga ahli dalam proses pemasangannya, sehingga plafon pun dapat dipasang dengan lebih rapi.

READ  Ide Tinggi Plafon Rumah 4 Meter Yang Indah

4.  Plafon Eternit

Rangka Atap Plafon Minimalis - Proses Instalasi Listrik Atap Plafon Rumah
Rangka Atap Plafon Minimalis – Proses Instalasi Listrik Atap Plafon Rumah

Apabila dibandingkan dengan beragam jenis foto plafon rumah dari bahan lainnya, seperti halnya plafon dari bahan gypsum, triplek, atau bahkan GRC, tentunya jenis plafon yang satu ini memiliki ukuran yang lebih kecil yaitu hanya berukuran 100 x 50 cm saja. Namun jenis bahan plafon ini memiliki keunggulan, utamanya ia sangat tahan terhadap api serta air. Untuk proses pemasangannya itu sendiri tentunya harus disesuaikan pada ukuran dari setiap lembar eternit yang digunakan, dan pada proses pemasangan itu pun tentu harus dilakukan dengan sangat hati-hati, hal ini berkaitan dengan bahan eternit tersebut yang rapuh sehingga mudah retak.

5. Plafon akustik

plafon akustik kantoran
plafon akustik kantoran

Bagi anda yang menyukai ketenangan serta membutuhkan ruangan yang lebih privat dengan tingkat suara rendah, maka jenis plafon yang satu ini adalah pilihan tepat yang wajib untuk anda gunakan. Hal ini berkaitan dengan keberadaan plafon akustik itu sendiri yang memang difungsikan untuk meredam udara, seperti yang terlihat pada foto plafon rumah akustik yang memang lebih sering diguankan dalam proses pembangunan auditorium, ruang musik, ruang rapat, dan beberapa jenis ruangan lainnya yang dikenal kedap suara. Sedangkan untuk ukuran per lembarnya itu hanya berkisar 60 x 60 cm serta 60 x 120 cm. Jenis plafon akustik tentunya dapat digunakan pada bangunan dengan bahan metal hasil pabrikan yang sudah jadi atau bahkan pada penggunaan rangka kayu yang lebih sering digunakan oleh masysrakat Indonesia. 

6. Plavon PVC

Plavon dari bahan PVC atau dikenal sebagai Polyvinyl Chloride yaitu plafon rumah dengan ukuran paling ringan diantara jenis plafon rumah lainnya. Selain itu, plafon PVC ini juga lebih unggul karena ia tahan terhadap air serta api, bahkan dalam beberapa hal jenis plafon ini juga dinyatakan sebagai plafon anti rayap. Pada dasarnya PVC itu sendiri dikenal sebagai salah satu bahan dasar utama yang paling banyak digunakan dalam pembuatan pipa air. Namun dalam perkembangannya, bahan PVC itu pun kini dapat digunakan sebagai bahan plafon, yang bahkan dalam beberapa penyajiannya dibuat dengan pilihan warna berbeda antara satu dengan lainnya, sehingga anda yang hendak menggunakan jenis plafon ini pun dapat menyesuaikannya dengan warna cat melalui foto plafon rumah yang ada.

READ  Desain Plafon Rumah dari Kain untuk Dekorasi Cantik nan Unik

7. Plafon metal

Berbeda dengan beragam jenis plafon lainnya, untuk plafon metal itu sendiri lebih dikenal sebagai plafon rumah cantik, Karena meskipun ia tersusun dari beragam lempengan metal dengan ukuran yang tipis, tetapi dalam pembuatannya dapat diukir menjadi beragam jenis motif yang lebih beragam. Itulah alasan dari banyaknya masyarakat Indonesia yang memilih untuk menggunakan plafon metal agar dapat diukir sesuai dengan selera yang dimilikinya. Selain itu, untuk bagian finishing umumnya plafon ini juga menggunakan bahan cat minyak, sehingga menghasilkan kesan klasik pada penggunaannya.Dari penjelasan singkat mengenai beragam jenis bahan plafon rumah di bagian atas tadi tentunya anda pun dapat menentukan pilihan sesuai dengan selera yang anda miliki. Namun pastikan pula untuk mempertimbangkan beragam kelebihan serta kekurangannya.

Sementara itu, jika anda ingin memastikan mengenai beragam bentuk dari jenis plafon di atas tadi, pastikanlah untuk melihat beragam foto plafon rumah melalui internet atau pun secara langsung di tempat penjualan.

Incoming search terms:

plafon rumah, plafon gypsum minimalis, plafon motif kayu, https://jualplafonmurah com/jasa-plafon/cat-untuk-plafon-triplek/, model eternit rumah, pasang plafond berikut bahan, pasang plafon grc, instalasi listrik rumah dengan plafon ukiran, warna gypsum, contoh warna plafon gypsum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *