Jangan Lewatkan! Desain Cantik Plafon Rumah dari Bambu

Tahukah Anda kalau Anda cukup mengubah tampilan langit-langit atau plafon rumah Anda untuk menciptakan perubahan efek visual yang luar biasa, bahkan tanpa harus mengeluarkan dana ekstra untuk merenovasi seluruh isi ruangan atau membeli furnitur mahal? Meskipun banyak yang mengatakan bahwa plafon sering kali jadi bagian ruangan yang sering diabaikan, ternyata kehadirannya dengan desain yang lebih menarik bisa membuat perubahan yang signifikan!

Keindahan Alami Plafon Rumah dari Bambu

Jika Anda amati, banyak inspirasi desain plafon rumah sederhana tp elegan yang juga memanfaatkan penggunaan bahan alami untuk menonjolkan sisi keindahan unik yang hanya dimiliki oleh alam. Misalnya plafon kayu, yang bisa dibilang merupakan pilihan material alami paling populer, termasuk untuk material bangunan pada umumnya. Akan tetapi, tahukah Anda kalau kayu bukan satu-satunya material dari alam yang bisa Anda gunakan untuk plafon rumah Anda?

plafon bambu
plafon bambu

Beragam inspirasi dan ide untuk plafon rumah dari bambu akan menunjukkan kepada Anda bahwa tanaman yang sebenarnya merupakan jenis rumput satu ini juga tak kalah cantiknya! Bukan hanya sedap dipandang, bambu pun punya kualitas dan harga yang sangat unggul. Kualitasnya sendiri bisa diandalkan bagi Anda yang tinggal di kawasan dengan curah hujan tinggi sekalipun.

Keunggulan Plafon Rumah dari Bambu

Pada dasarnya, plafon rumah dari bambu malah jauh lebih mirip dengan kayu dibandingkan tanaman bambu yang biasa Anda lihat, terutama untuk penyangga di dalam proses pembangunan sebuah rumah. Papan-papannya dibuat dari kayu bambu yang dipotong dan diolah menjadi lembaran panjang. Beberapa lapisan lembaran itu kemudian dikompres bersamaan di bawah panas untuk menciptakan papan bambu tersebut. Selain itu, ada juga tipe plafon bambu berbentuk anyaman yang punya kesan eksotis dan membawa nuansa pedesaan di dalam ruangan Anda, yang cocok digunakan sebagai pelapis plafon utama ruangan/

READ  3 Tips Memilih Model Plafon Rumah dari Kayu Jati untuk Ruang Tamu
Desain Plafon Minimalis PVC garis garis untuk Ruang Tamu Warna Putih
Desain Plafon Minimalis PVC garis garis untuk Ruang Tamu Warna Putih

Sedangkan keunggulan plafon rumah dari bambu yang patut Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut:

1.    Daya tahan yang tinggi.

Apakah Anda tahu kalau bambu adalah tanaman yang sangat kuat dan kokoh? Bambu berkualitas tinggi bahkan bisa jadi sekeras kayu berkualitas, seperti red oak, dan bahkan lebih keras dari kayu dari pohon teak, walnut, atau cherry. Apalagi, bambu juga punya sifat anti-rayap secara alamiah.

2.    Dapat diperbaharui.

Kebanyakan bambu yang digunakan dalam konstruksi merupakan varian yang berasal dari hutan-hutan bambu tersertifikasi dan dikelola secara profesional. Artinya, tanaman dari mana bambu yang digunakan untuk membuat plafon berasal ditanam dan dipanen terus-menerus. Apalagi, lama waktu antara masa tanam sampai panen juga jauh lebih pendek dibandingkan kayu, karena hanya berkisar antara 4 sampai 6 tahun.

3.    Aman untuk kesehatan.

Baik itu selama masa produksi atau setelah pemasangannya, lembaran papan bambu tidak melepaskan produk sampingan atau bahan organik berbahaya lainnya di udara bebas.

4.    Cocok di segala cuaca.

Lingkungan yang kering dan lembab tidak akan memberikan pengaruh pada papan bambu, termasuk risiko retak yang umum terjadi pada kayu sekalipun.

5.    Fleksibel dan menarik.

Bukan hanya bisa digunakan untuk plafon rumah, papan bambu juga dapat Anda pasang untuk lantai, tembok, atau pelapis permukaan apapun. Selain itu, tampilannya yang menarik dan alami juga membuat material ini cocok untuk mempercantik interior hunian Anda.

Incoming search terms:

plafon rumah produksi

READ  Tips Memilih dan Menerapkan Plafon Rumah yang Bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *