Pilih Plafon Rumah Limasan Jawa Impianmu

Rumah adat jawa memang hanya satu diantara beragam rumah adat di Indonesia, namun karena bentuknya yang unik dan artistik, banyak yang menggunakannya sebagai bagian dari desain bangunan, salah satu yang dipakai adalah Plafon Rumah Limasan Jawa. Banyak pilihan desain plafon ini, tinggal pilih dan nikmati nuansa jawa di hunian Anda. Apa saja desainnya?

4 Plafon Rumah Limasan Jawa Kaya Seni

Ada empat jenis limasan yang arsitekturnya benar-benar “Jawa banget” dan cocok untuk bangunan rumah Anda. Limasan Lambang Sari, Gajah Ngombe, Trajumas, dan Lawakan. Begini penjelasan bentuknya.

  • Lambang Sari
Hasil gambar untuk joglo yogyakarta
agenproperti.com

Pernah melihat joglo di kawasan Yogyakarta? Plafon Rumah Limasan Jawa ini mirip dengan bangunan tersebut. Dimana bagian atap berbentuk dua tingkat, dimana tingkat bawah lebih besar dari bagian atas. Biasanya menggunakan 16 tiang untuk menyangga, dan dipakai pada ruang tamu dan ruang keluarga. Jangan lupa, jika mau pakai limasan ini, gunakan kayu yang keras dan kokoh, seperti kayu jati, atau kayu nangka.

  • Gajah Ngombe
Hasil gambar untuk gajah ngombe
rumahjawa

Jenis limasan ini, mirip gajah dan belalainya. Dimana bagian atas berupa paparan atap yang besar dengan tiang penyangga kelipatan empat. Lalu di sudut depannya terdapat tambahan atap persegi lebih kecil dan pendek dengan penyangga lebih sedikit. Biasanya bisa dipakai sebagai bagian atap teras atau bagian depan rumah. Tapi tak sedikit juga yang menggunakan untuk bagian dapur atau tempat istirahat.

  • Trajumas
Hasil gambar untuk trajumas

Buat Anda yang ingin memiliki rumah dengan gazebo terpisah, Plafon Rumah Limasan Jawa desain trajumas bisa menjadi pilihan. Karena desainnya yang sebenarnya mirip dengan Lambang Sari, namun biasanya dibuat lebih luas dengan tiang penyangga lebih banyak.

  • Lawakan

Pada bangunan aslinya jenis limasan ini menggunakan 20 tiang penyangga utama. Dengan bentuk plafon mirip topi ulang tahun, namun bagian atas berbentuk segi empat. Penggunaan limasan ini bisa untuk plafon utama rumah Anda. Tinggal pemilihan kayu kokoh untuk merealisasikannya, agar terbentuk dengan sempurna dan tahan lama. Kalau penasaran bentuknya, Anda bisa lihat foto plafon rumah jenis ini di internet lho.

READ  Referensi Plafon Rumah Sederhana Untuk Hunian Minimalis

Ciri Khas Plafon Rumah Limasan Jawa

Di zaman modern sekarang, penggunaan plafon tradisional memang sudah jarang ditemui, selain karena kebanyakan rumah sudah pakai bahan modern, juga karena pekerja yang terbatas. Tapi, jika Anda mau lihat referensi rumah-rumah yang masih menggunakan plafon tradisional seperti Limasan Jawa, bisa melihat dari arsitektur luarnya kok. Seperti bagian atap paling atas yang bertingkat, penggunaan kayu yang masih dipertahankan, serta tiang penyangga dengan jumlah yang sama dengan Limasan aslinya.

Wah dari beberapa jenis Plafon Rumah Limasan Jawa di atas pastinya ada yang bikin Anda kecantol kan? Pastinya akan sangat menyenangkan memiliki nuansa Jawa di rumah, tanpa harus repot-repot ke Jawa. selamat berkreasi dengan plafon jenis ini untuk hasil sesuai impian.

Incoming search terms:

foto gipsen rumah limasan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *