Tips Memilih Tinggi Plafon Rumah 2 Lantai

Dalam mendesain rumah pastilah anda harus memperhatikan segala kebutuhan bahan bakunya. Salah satu bahan yang harus anda perhatikan adalah tinggi plafon rumah 2 lantai hal ini bertujuan agar rumah anda terhindar dari kebocoran dan debu. Yuk simak ulasannya berikut ini.

gaya rumah industrial plafonnya keren banget
gaya rumah industrial plafonnya keren banget
Tinggi Plafon ditentukan dari Iklim

Untuk menentukan tinggi plafon rumah 2 lantai anda bisa menyesuaikan dengan iklim. Contohnya iklim di jepang atau eropa maka plafon yang dibutuhkan 2,4-2,5 m. hal ini dilakukan untuk menghemat energi. Jika semakin tinggi plafon masyarakat Jepang juga memerlukan pemanasan yang tinggi pula.

Untuk Negara yang mempunyai iklim panas. Plafon yang tinggi akan membuat sirkulasi udara semakin baik dan sejuk. Dengan menggunakan plafon yang tinggi anda juga bisa mendapatkan rumah yang nyaman, karena tinggi plafon sangat berpengaruh bagi masyarakat yang tinggal di Negara yang mempunyai iklim panas. Untuk tinggi plafon yang ideal sebaiknya anda memilih dengan ketinggian plafon yang kurang dari 280 cm.

Faktor Estetika dan Proporsi

Untuk membuat ruangan terlihat indah anda harus memilih tinggi plafon rumah 2 lantai yang proporsional dan seimbang. Untuk menentukan tinggi plafon anda bisa melihat dari luas ruangan pada rumah anda, jika ruangan anda semakin luas maka plafon yang dibutuhkan akan semakin tinggi.

Proses Pengerjaan Atap Plafon Minimalis dari GRC
Proses Pengerjaan Atap Plafon Minimalis dari GRC

Untuk mendapatkan hunian yang nyaman maka proses perhitungan harus digunakan secara maksimal untuk memecah ruangan agar tidak terlihat sempit dan pengap. Bisa anda bayangkan jika anda salah dalam perhitungan maka hunian yang seharusnya tempat ternyaman selepas rutinitas sehari-hari menjadi tidak nyaman karena kesalahan pemilihan tinggi plafon. Oleh karena itu anda harus memilih plafon rumah yang bagus agar rumah menjadi nyaman.

Tinggi Ideal Plafon Rumah

Sebelum menentukan ketinggian plafon. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah tentang iklim di sekitar tempat tinggal anda. Indonesia memiliki iklim tropis hal ini mengharuskan anda untuk memilih plafon yang tinggi yang akan membuat suasana dalam rumah anda akan terasa sejuk dan dingin. Untuk mendukung tinggi plafon rumah 2 lantai anda bisa mengkombinasikan dengan pemakaian material kaca, hal ini akan membuat cahaya matahari dapat masuk dengan bebas ke dalam ruangan.

READ  Desain Plafon PVC Minimalis Modern yang sering digunakan

Tinggi plafon yang ideal adalah 2.8-3.2 m. dalam membangun rumah pastilah harus memperhitungkan dengan matang, bahkan seorang arsitek harus menggunakan rumus untuk mendapatkan bangunan yang sempurna. Salah satu rumus yang digunakan adalah dengan menghitung ketinggian plafon yang sesuai dengan bangunan.

Contohnya jika ruangan memiliki lebar 3×4 maka plafon yang digunakan harus mempunyai tinggi 3.5 m. intinya jika ruangan semakin besar maka plafon yang dibutuhkan akan semakin tinggi. Jika penggunaan plafon tidak diperhitungkan dengan baik maka ruangan akan menjadi gelap dan pengap. Demikianlah ulasan mengenai tinggi plafon rumah 2 lantai semoga dapat bermanfaat.

Incoming search terms:

grc untuk lantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *